NAMA : IMAM SUSILO ADHI
NIM :
11105244004
PRODI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
TUGAS INDIVIDU
BOOK REPORT
DOSEN : SISCA RACHMADONNA M.Pd.
JUDUL BUKU : PANDUAN KREATIF MEMBUAT BAHAN AJAR
INOVATIF
PENGARANG : ANDI PRASTOWO
PENERBIT :
DIVA PRESS
TEBAL BUKU : 419 HALAMAN
CETAKAN : KE-3
ISBN : 978-602-978-898-3
Secara
umum buku panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif ini berisiskan tentang
bagaimana pembuatan bahan ajar untuk guru dan di tujukan untuk muridnya. Buku
ini berisikan mengenai tata cara pembuatan bahan ajar, pengenalan bahan ajar, jenis-jenis bahan ajar, dan pemilihan
bahan ajar.
Pada
buku ini ada beberapa hal penting dan ada beberapa point penting yang perlu
saya tulis dan saya jadikan laporan. Hal tersebut adalah fungsi dari pembuatan
bahan ajar. Fungsinya adalah menghemat waktu mengajar, pengubahan peran guru
yang menjadi fasilitator dan evaluator, serta meningkatkan kualitas
pepmbelajaran yang menjadi efektif. Itu tadi adalah funngsi untuk pendidik.
Sedangkan fungsi dari sisawa adalah suasana bekajar menjadi menyenangkan,
adanya respon yang lebih terhadap materi yang di sampaikan, menjadikan siswa
mandiri, dan menjadikan siswa mengetahui seberapa cepat ia menangkap materi
tersebut.
Fungsi
bahan ajar menurut strategi pembelajaran yang digunakan adalah :
1. Fungsi
bahan ajar dalam pembelajaran klasikal.
Adalah
sebagai satu-satunya sumber belajar serta pengawas dan pengendali proses KBM,
dan sebagai bahan ajar pendukung sesuai dengan materi yang disampaikan. Dalam
hal ini guru bersifat pasif, dan ahnya mengajar sesuai pengetahuannya.
2. Fungsi
bahan ajar dalam pemebelajaran kelompok.
Adalah
sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses belajar kelompok, dengan cara
pemberian m,ateri sesuai srtuktur belajar, dan sebagai bahan pendukung bahan
belajar utama, serta apa bila dapat disusun sedemikian rupa maka motivasi murid
untuk belajara akan tumbuh dengan cepat.
3. Fungsi
bahan ajar untuk pembelajaran individual.
Adalah
sebagai media utama dalam pembelajaran, sebagai alat penunjang pendukung
tercapainya tujuan pembelajaran, dan sebagai penunjang media pembelajaran
lainnya.
Tujuan
dari pembuatan bahan ajar inovtaif ini adalah untuk :
·
Membantu peserta didik untuk mempelajari
sesuatu.
·
Menyediakan pemilihan penyediaan bahan
ajar, sehingga mencegah timbulnya rasa bosan pada peserta didikk.
·
Memudahkan peserta didik dalam
melaksanakan KBM.
·
Agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih
menarik.
Manfaat
pembuatan bahan ajar inovatif adalah:
1. Bagi
pendidik
a. Pendidik
akan memiliki bahan ajar yang dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.
b. Bahan
ajar dapat diajukan sebagai karya yang dapat dinilai untuk menambah angka
kredit pendidik guna untuk kenaikan pangkat.
c. Menambahkan
penghasilan jika hasil karyanya dihasilkan di terbitkan.
2. Bagi
peserta didik
a. Kegiatan
belajar menjadi lebih menarik.
b. Peserta
didik menjadi memiliki kesempatan lebih untuk belajar mandiri dengan bantuan
pendidik.
c. Peserta
didik mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap setiap kompetensi yang
harus di kuasainya.
Dalam
buku ini juga terdapat unsur-unsur bahn ajar yang perlu di pahami. Bahan ajar
adalah susunan atas bahan-bahan yang
dikumpulkan dari berbagai sumber dan disusun dengan sistematis. Unsur-unsur
tersebut adalah:
1. Petunjuk
belajar
Komponen
pertama ini meliputi petunjuk bagi pendidik maupun peserta didik. Di dalamnya
di maksudkan untuk panduan belajar. Bagi peserta didik adalah bagaimana ia
belajra denga kompetensi yang ada. Sedangkan bagi pendidik adalah bagaimana
mengajarkan materi dengan sruktur mengajar yag benar.
2. Kompetensi
yang akan dicapai
Maksudnya
adalah kompetensi untuk siswa. Sebagai seorang pendidik ia harus menjelaskan
dan menyantumkan dalam bahan ajar yang ia susun denag standar kompetensi,
kompetensi dasar, maupun indikator
pencapaian belajar. Disebut juga susunan ini dengan silabus. Dengan di buatnya
silabus ini maka kejelasan tujuan pebelajar dapat dipastikan.
3. Informasi
pendukung
Informasi
pendukung merupakan berbagai informasi tambahan ynag dapat melengkapi bahan
ajar, sehingga pesrta didik aka semakin mudah untuk menguasai pengetauan yang
akan mereka peroleh. Selain itu
pengetahuan yang di peroleh pesreta didik pun akan semakin komperehensif.
4. Latihan-latihan
Komponen
kekempat ini merupaka suatu bentuk tugas yang diberikan kepada peserta didik
untuk melatih kemampuan dia setelah mempelajari bahan ajar. Dengan demikian pengetahuan yang mereka
peroleh akan terasah dan terkuasai.
5. Petunjuk
kerja atau lembar kerja
Adalah
suatu lembar atau beberapa lembar kertas yang berisi langkah untuk melakukan
aktivitas tertentu. Kaitannya dengan pesrta didik adalah untuk melakuka
praktikum atau kegiatan lainnya.
6. Evaluasi
Merupakan
bagian dari penilaian, karena dalam komponen ini terdapat sejumlah pertanyaan
yang bertujuan untuk mengukur seberapa jauh pesreta didik menguasai bahan ajar
yang telah di berikan.
Dalam
buku ini terdapat juag macam-macam bahan ajar. Adapun bahan ajar yang di maksud
adalah buku, LKS, majalah, film, radio, brosur, poster, ensiklopedia, model,
transparansi, studio, wawancara, dan permainan.
Buku
ini juga berisikan langkah-langkah untuk membuat bahan ajar. Langkah-langkahnya
adalah; pertama, membuat kurikulum, dalam hal ini yang di maksud adalah membuat
silabus, langkah kedua adalah menganalisis sumber belajar. Kriteria dalam
analissis terhadap sumber belajar dilakukan berdasarkan ketersediaan,
kesesuaian, dan kemudahan dalam dalam memanfaatnkannya. Caranya adalah dengan
mengintarisasinketersediaan sumber belajar yang dikaitkan dengan kebutuhan.
Langkah ketiga adalah memilih dan menentukan bahan ajar, dilakukan dengan
penggunaan prinsip kecukupan yang berarti bahwa ketika memilih bahan ajr
hendaknya dicari yang memadai untuk membantu siswa menguasai kompetensi dasar
yang akan diajarkan.
Hal
lain yang menarik dari buku ini adalah buku ini berbandanga bahwa belajar
merupakan kegiatan berfikir yang konvensional. Inovasi dan kreatifitaslah yang
di utamakan dari buku ini. Buku ini di tulis untuk mereka (guru) yang
menginginkan muridnya menjadi individu yang cerdas serta memiliki keterampilan.
0 komentar:
Posting Komentar