Selasa, 22 Mei 2012

RADEN AJENG KARTINI:perjuangan


KIPRAH RADEN AJENG UNTUK INDONESIA
Pendidikan yang bebas bagi kaum perempuan saat ini tidak lepas dari perjuangan R.A. Kartini pada saat zaman penjajahan. Beliau sangat prihatin terhadap keadaan dimana kaum perempuan tidak bisa mengenyam pendidikan seperti kaum pria. Beliau tergerak untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya agar bisa sejajar dengan kaum pria dalam hal pendidikan.  Apa yang telah diperjuangkan oleh Kartini pada masa itu dapat kita lihat manfaatnya dalam perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini. Hal ini juga membuat ilmu pengetahuan di Indonesia semakin berkembang.
“Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama.“
[Surat Kartini kepada Prof. Anton dan Nyonya, 4 Oktober 1902].
Itulah sedikit kutipan dari surat yang ditulis Kartini untuk meminta kesetaraan terhadap kaum pria dalam hal pendidikan. Hal ini sangat berharga, karena atas perjuangan Kartini tersebut kini para perempuan bisa mendapatkan kesetaraan pendidikan. Bahkan saat ini, banyak kaum perempuan yang mendapatkan kesuksesan melalui pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa cita-cita R.A. Kartini untuk menyetarakan pendidikan sudah berhasil. Pendidikan sangat diperlukan, bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain. Walaupun pada akhirnya pendidikan yang didapat tidak digunakan untuk berkarir, dirumahpun ia akan mempunyai bekal untuk mendidik anak-anaknya kelak.
Perjuangan yang tidaklah mudah untuk menjadikan pendidikan seperti sekarang ini, maka janganlah sia-siakan  perjuangan tersebut. Tidak cukup dengan perayaan dengan kostum-kostum, atau yang lain, namun yang wajib untuk kita lakukan adalah menjaga, mengembangkan, meneruskan perjuangan untuk Indonesia,agar semua yang telah dilakukan para pahlawan pendidikan tidaklah sia-sia. Selamat hari Kartini.


0 komentar:

Posting Komentar