Rabu, 13 Juni 2012

Analisis Persepsi Manusia Terhadap Desian Pesan


NAMA                       : IMAM SUSILO ADHI
NIM                            : 11105244004
PRODI                       : TEKNOLOGO PENDIDIKAN
TUGAS INDIVIDU
Analisa Persepsi Manusia Terhadap Desain Pesan
Dosen : Isniatun Munawaroh, M.Pd.

Persepsi manusia bersifat relatif, selektif, dan terorganisasi. Ketiga sifat ini memberikan gambaran bagi para desainer pesan untuk bagaimana mengolah pesan.

1.      Persepsi bersifat relatif (berhubungan atau dihubungkan dengan sesuatu).
Bersifat relatif artinya proses pengindraan manusia mengolah informasi selalu dihubungkan dengan satu atau dua hal informas yang telah dikenal. Informasi  yang mandiri atau tidak berhubungan dengan apapun  yang sudah dikenal sulit untuk dipahami /diingat. 

o    Semakin dikenal pembanding  yang disertakan, semakin mudah diingat/diolah infomasi tersebut, misalnya: info tinggi pohon itu setinggi dua orang dewasa lebih mudah dimengerti e ada setinggi tiga meter.

o    Pesan yang terurai dalam sebuah diagram terorganisasi lebih mudah dipahaini makna keseluruhannya, misalnya: info mengenai struktur kerangka manusia lebih mudah dihapalkan jika keseluruhannya ditampilkan, baru kemudian bagian per bagian.

2.      Persepsi     bersifat            selektif.
Bersifat selektif artinya proses pengindraan manusia hanya meinilih informasi  yang disukainya atau menariknya. Semakin “eye catching” semakin efektiflah media tersebut karena mata mengindrai objek dengan model scanner (sekilas pandang). Setelah pengindraan sekilas, barulah mata memberikan perhatian kepada objek  yang dipilihnya. 

o    Pesan harus dibatasi.
o    Pesan  yang campur aduk harus dipilah-pilah baru kemudian dipilih pesan mana  yang akan disajikan dan bagaimana urutannya.
o    Menggunakan pointer  yang dapat langsung mengarahkan perhatian mata.

3.      Persepsi     bersifat            terorganisasi.
Bersifat terorganisasi artinya proses penerimaan informasi ada dalam tahapan-tahapan berurutan. Persepsi menyaring informasi  yang diterimanya dan menyusunnya menjadi sebuah informasi baru  yang akan disimpannya dalam memori setelah dikaitkan dengan informasi lama  yang telah disimpannya. 

o    Ada kata-kata kunci. Kata kunci  adalah kata  yang mempunyai banyak arti /point dalam satu bacaan. Didalam sebuah informasi, pasti akan ditemukan lebih dari 100 gambar, atau 100 kata, atau mungkin 1000 ide; tetapi pasti hanya  ada satu atau dua gambar / kata / ide kunci  yang menjadi dasar untuk mengingat dan mengolah informasi. 

·         Persepsi     dipengaruhi     oleh     konteks.
Bersifat dipengaruhi oleh konteks artinya bahwa penerima pesan memahami informasi menurut latar belakang sosial-politik-budaya atau apapun dimensi kehidupannya.Konteks ini mempengaruhi proses berpikir dan kesimpulan  yang dihasilkan.Ketepatan desainer dalam menentukan objek tertentu atau peristiwa tertentu atau pribadi tertentu sebagai pembawa pesan untuk orang-orang dalam konteks kultur tertentu menjadi kunci keberhasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar